History Perkuliahan Masa Muda

Pengikut

Selasa, 14 Juni 2011

kuis IPB tahun lalu

IPB KUIS
1. Gambarkan diagram hubungan antara quality gap dan service gap dan jelaskan apa yang dimaksud dengan quality gap dan service gap !
2. Sebutkan definisi Proses bisnis/business process dan sebutkan 3 tipe proses bisnis!
3. Gambarkan diagram tipe proses bisnis!
4. Gambarkan hubungan antara Business process, Information process dan Aktifitas manajemen (Management Process)
5. Apakah yang dimaksud dengan Sistem informasi akuntansi (accounting information system), sebutkan resourcenya !
6. How can accounting profesional enhance their value? memanfaatkan sistem informasi akuntansi
7. Gambarkan piramida internal dan external aliran informasi (information flow), lengkap dengan fungsinya dimasing masing level!
8. Apakah yang dimaksud dengan sistem dan sebutkan elemen dari sistem!
9. Gambarkan general model for AIS!
10. Sebutkan dan jelaskan 4 cara akuisisi SI!
11. Gambarkan Value Chain!
12. Sebutkan masing masing 3 contoh operating event dalam masing masing proses bisnis!
13. Sebutkan dan gambarkan tahapan SDLC yang dipaparkan oleh Hoffer dan George!
14. Sebutkan Business Event Risk!
15. Sebutkan 4 hal harus dihindari pada saat pembuatan DFD! Ilustrasikan dengan gambar!
16. Apa yang dimaksud dengan cardinalities dan ordinalties dan berikan contoh relationship 1:1 dalam ERD!

Essay
1.a. Buatlah skema yang menggambarkan hubungan antara proses bisnis, proses informasi dan kegiatan managemen (buku wajib hal 8)
b. Jelaskan tahapan2 hubungan antara proses bisnis, proses informasi dan kegiatan managemen (buku wajib hal 8)
2. Jelaskan tahapan siklus akuntansi, jelaskan pula tujuan dari tahapan tsbt (buku wajib hal 84-95)
3. a. buatlah skema value chain yang dikemukaan oleh Michael potter (buku wajib hal 39)
b. Jelaskan dari skema tsbt (buku wajib hal 8)
4. Sbutkan apa saja yang termasuk ke dalam kategori operating event risk dalam suatu organisasi
5. buatlah SDLC model waterfall dan beri penjelasan (buku wajib hal 134) (ada di slide)
6. a. Buatlah 4 contoh model matrix yg lengkap (7 kolom) (buku wajib hal 67) ada di slide pert 6 hal 27

10 langkah siklus akuntansi:
1. mengidentifikasi transaksi yang akan dicatat.
tujuan: utk mengidentifikasi kejadian bisnis, utk mengumpulkan data yg relevan.
2. jurnalisasi data transaksi akuntansi.
tuj: utk mengukur dan mencatat dampak transaksi dlm perusahaan yg konsisten.
3. posting data jurnal ke buku besar.
tuj: utk memindahkan informasi dari jurnal ke buku besar.
4. siapkan neraca saldo yg belum disesuaikan.
tuj: utk mengecek jumlah debit-kredit akun buku bsr seimbang.
5. jurnalisasi dan posting ke jurnal penyesuaian
tuj: mencatat perkiraan perubahan akun sumber daya maupun kewajiban.
6. siapkan neraca saldo yang telah disesuaikan.
tuj: utk menegaskan kesamaan antara debit-kredit.
7. siapkan laporan keuangan.
tuj: utk mengetahui efek potensial dalam pengatur
8. jurnal dan posting ke jurnal penutup.
tuj: utk menutup rekening sementara dan mentransfer jumlah laba bersih ke saldo laba.
9. siapkan jurnal penyesiuaian penutup.
tuj: utk memeriksa kesatuan debit kredit setelah pemindahan catatan.
10. jurnalisasi dan post jurnal pembalik.
tuj: utk mempermudah dalam menyiapkan jurnal selanjutnya dan mengurangi biaya akuntansi.




N0 3b
- inbound logstik = kegiatan yg bersifat pengadaan sumber daya material
-operation = kegiatan yg berhubungan untuk mengelola bahan baku menjadi barang jadi/siap pakai... See More... See More
- outbound logistik = kegiatan yg berhubungan dengan persiapan distribusi dan penyaluran barang yang siap pakai
- marketing dan sales = proses memasarkan dan menjual produk yg di hasilkan
- service = kegiatan mengirim barang ke customer dan juga pelayanan purna jual
Kegiatan yg bersifat mendukung:
- firm infrastructure = kegiatan yg mendukung seluruh rantai nilai (misalnya; manajemen umum, perencanaan, keuangan, keuangan, akuntansi, hokum, urusan pemerintahan, manajemen kualitas, dll).
- human resource management = aktifitas yg terlibat dalam merekrut, memperkerjakan, pelatihan, pengembangan,
-human resource management = aktifitas yg terlibat dalam merekrut, memperkerjakan, pelatihan, pengembangan, dan kompensasi semua jenis personil.
- technology development = mengetahui bagaimana, prosedur, atau teknologi yg tertanam dlm proses yg di maksudkan untuk menikagkatkan produk, layanan dan/atau proses.
- procurement = fungsi masukan pembelian untuk rantai nilai perusahaan .

No 4
Suatu peristiwa operasi yang terjadi pada waktu yang salah atau urutan,
Suatu peristiwa operasi yang terjadi tanpa otorisasi yang tepat,
Suatu peristiwa operasi yang melibatkan agen internal yang salah,
Sebuah acara operasi melibatkan agen eksternal yang salah,
Suatu peristiwa operasi yang melibatkan sumber daya salah,
Sebuah acara operasi melibatkan jumlah salah sumberdaya, dan / atau
Suatu peristiwa operasi yang terjadi di lokasi yang salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar