History Perkuliahan Masa Muda

Pengikut

Selasa, 14 Juni 2011

Algoritma UTS

1. Manakah pernyattan tentang OOP yang benar ?? Suatu teknik pemograman objek berorientasi pada class
2. Manakah yang bukan keuntungan dari OOP ? Memungkinkan menggunakan model objek yang ada
3. Kumpulan atas definisi data dan fungsi –fungsi dalam suatu unit untuksuatu tujuan tertentu adalah ? Class
4. Pernyataan yang salah mengenai constructor dari sebuah class ? Dapat di overloading
5. Access modifier yang memungkinkan member class diakses oleh kelas turunannya dalam beberapa package atau class-class di dalam package yang sama,yaitu ? protected
6. Bagaimana cara mendeklarasikan sebuah nilai konstanta yang benar ? Final static int HEXA =16;
7. Beberapa keals nummerik dan character mengimplementasi interface comparable yakni fungsi compare to() yang diimplementasikan didalam kelas Wrap diantaranya ? Double ,long,interger,short
8. Fungsi dari keals String yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari indek stringnya,yakni : substring
9. Manakah cara men-random nilai yang benar antara 21-30 dengan menggunakan fungsi : Int hasil=21+math.random ()*10
10. Dalam inheritance subclass akan menerima pewarisan sifat dari superclass nya diantaranya kecuali : Nested class Method Fields Constructor(jawabannya)
11. Keyword yang dignunakan untuk menunjuk kek kelas induknya ?super
12. Public class dikotil extends tanaman ( ) [ini langsung jawabannya ada gambar soalnya]
13. Kemampuan dari suatu objek yang dapat melakukan banyak implementasi yaitu ? polymorphism
14. Manakah yang benar mengenai polymorphism Menggunakan ?Abstract class dan abstaract Method
15. Mendeklarasikan karakteristik yang umum dari sautu subclass objeknya? tidak Abstract class
16. Hanya terdiri dari konstanta dan abstract method objeknya tidak dapat dibuat dengan operator? new,dan seluruh fungsinya di override ke subcalss
17. ngak kecatat
18. Data struktur yang tetap Array langsung jawab ini soalnya ngak kecatat
19. Kelas vector merupakan implementasi dari interface List
20. Method yang ada digunakan untuk memasukan dalam arraylist ? Add

kasus :
tapi ini ngak sempurna tapi lumayan buat jadi gambaran gimana ntar kasusnya...
coba" n sering" latihan aja
Buat sebuah class segitiga yang merupakan turunan dari kelas shape dimana subclass mengoverride 1 buah method pengambilan nilai yang bernama getluas dan superclassnya diketahui -rumus luas
Alas Tidak perlu


Soal
Buatlah sebuah kelas segitiga yang merupakan turunan dari kelas shape, dimana subclass meng-overide 1 buah method pengembalian nilai yang bernama getLuas dari superclassnya.
Diketahui :
- rumus luas segitiga = 0.5 x alas x tinggi
- alas = 5, tinggi = 8
- tidak perlu menuliskan isi dari superclassnya (tulis aja biar ngerti)

lengkapilah kodingan dibawah ini dengan sintak" yang sesuai dgn ketentuan :
- tambahkan data nama ke dalam Vector ("Okky", "Felicia", "Richard")
- tampilkan jumlah element vector setelah penambahan
- hapus data nama "Felicia" dari vector

import java.util.Vector;
public class VectorDemo {
public static void main(String[] args) {
Vector v = new Vector();
//menambah element ke dalam vector
....
....
....

//menampilkan jumlah nama
syso ("Jumlah nama yang tersimpan : " .....);

//menampilkan isinya
syso("Isi vector : " + v + " \n);

//menghapus element ke dalam vector
syso ("isi vector " +v);
}
}

nga tau ini tulisannya kurang jelas, maap ..
>.<




Jawaban
import java.util.*;

abstract class Shape{
protected int panjang;
protected int lebar;
public String getBentuk() {
return "Bentuk Dasar";
}
public abstract int hitungLuas();
}

class Segi3 extends Shape{
public Segi3(int alas,int tinggi){
this.panjang=alas;
this.lebar=tinggi;
}
public String getBentuk() {
return "Bentuk Segitiga";
}
public int hitungLuas() {
return this.panjang*this.lebar/2;
}
}

public class Segitiga {

public static void cetakLuasShape(Shape btk) {
System.out.println(btk.getBentuk() + " dengan luas " +
btk.hitungLuas());
}

public static void main(String[] args) {
Scanner in = new Scanner(System.in);

int x;
int y;

System.out.print("Masukan panjang alas : ");
x=in.nextInt();

System.out.print("Masukan tinggi : ");
y=in.nextInt();

Segi3 abc = new Segi3(x,y);
cetakLuasShape(abc);

}

}

import java.util.*;

public class VectorDemo {

public static void menu(){
System.out.println("1. Memasukan nama");
System.out.println("2. Melihat jumlah nama yang tersimpan");
System.out.println("3. Melihat isi vektor");
System.out.println("4. Menghapus nama");
System.out.print("Masukan pilihan : ");
}

public static void main(String[] args) {
Vector v = new Vector();
Scanner in = new Scanner (System.in);
//menambah element ke dalam vector

String nama;
int pil;
int angka;

do{
do{
menu();
pil = in.nextInt();
in.nextLine();
}while(pil<1 || pil>5);

switch(pil){
case 1 : {
System.out.print("Tambah nama = ");
nama = in.nextLine();
v.add(nama);
break;
}

case 2 : {
System.out.println("Jumlah nama yang tersimpan : " +v.size());
in.nextLine();
break;
}

case 3 : {
for(int x = 0 ; x < v.size() ; x++)
System.out.println("Isi vector yang ke "+(x+1)+" : " + v.get(x));
in.nextLine();
break;
}
case 4 : {
System.out.print("nama ke berapa yang ingin di hapus : ");
angka = in.nextInt();
v.remove(angka-1);
in.nextLine();
break;
}
}
}while(pil!=5);
}
}

3. a. perbedaan
Overriding VS Overloading
• Overriding :
– Subclass memodifikasi method yang telah didefinisikan oleh superclass.
– Fungsi yang dideklarasi di subclass harus sama signature-nya (nama, jumlah dan tipe data parameter) dan return value method-nya dengan yang ada superclass
• Overloading :
– Lebih dari satu fungsi yang memiliki nama yang sama dengan yang ada di superclass.
– Fungsi yang dideklarasi di subclass tidak harus sama signature-nya (nama, jumlah dan tipe data parameter) dan return value method-nya dengan yang ada superclass

b.• Perbedaan interface dan abstract class cukup terlihat dari pemakaiannya. interface itu diimplementasikan dan abstract class itu diturunkan (diwariskan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar