History Perkuliahan Masa Muda

Pengikut

Selasa, 14 Juni 2011

kisi kisi uas PSI tahun lalu

1. Sebutkan peran OOA dalam pengembangan system
object-oriented analysissebuah teknik model driven yang mengintegrasikan data dan proses ke dalam konstruksi yg disebut objek.
- Mempelajari objek yang sudah ada untuk mengetahui apakah mereka dapat digumakan kembali atau diadaptasi untuk pemakaian baru.
- Menentukan satu objek baru / yang dimodifikasi yg akan digabung dengan objek yang sudah ada ke dalam suatu aplikasi komputasi bisnis yang sangat berharga.
2. Apa peran UML dalam proses pengembangan system?
- Diagram model Use-Case perannyamenggambarkan interaksi antara sistem, sistem eksternal, dan pengguna.
- Diagram Struktur Statisperannya mengambarkan struktur objek sistem.
- Diagram Interaksi perannya memodelkan sebuah interaksi, trdri dari satu set objek, hubungan-hubungannya, dan peran yang terkirim di antara objek.
- Diagram State perannyamemodelkan behavior dinamis dari sistem.
- Diagram Implementasi perannyamemodelkan struktur sistem informasi.
psi
1.use case menggambarkan interaksi antara sistem eksternal dan user. Dgn kata lain secara grafis mereka menggambarkan siapa yg menggunakan sistem.
2.statechart sebuah UML yang menggambarkan kombinasi state yang dapat diasumsikan oleh objek selama masa hidupnya,kejadian-kejadian yang memicu transisi antarstate, dan aturan yang mengatur dari dan ke state yang mana sebuah objek dapat melakukan transisi.
-pemodelan objek(object modeling)teknik untuk mengidentifikasi objek di dalam lingkungan sistem dan mengidentifikasikan hubungan antara objek tsb.
-UMLsekumpulan konvensi pemodelan yg digunakan untuk menentukan atau menggambarkan sebuah sistem perangkat lunak dalam kaitannya dengan objek.
-objectmendeskripsikan orang, objek, tempat, kejadian atau sesuatu yg berlainan dengan semua proses yg diizinkan untuk menggunakan atau memperbaharui data dan properti”.
-attributesifat atau karakteristik deskriptif suatu entitas
-object instancesetiap orang khusus, tempat, sesuatu , kejadian dan juga nilai untuk atribut dari objek.
-behaviorkumpulan dari sesuatu yang dapat dilakukan oleh objek terkait dengan fungsi” yg bertindak pada data objek. Pada siklus berorientasi objek merujuk kepada metode, operasi atau fungsi.
-encapsulationpengemasan beberapa data kedalam satu unit
-classsatu set objek yg memiliki atribut yg sama dan behavior yg sama. Kadang disebut objek class.
-inheritancekonsep dimana metode atau atribut yg ditentukan didalam sebuah objek class yg dapat diwariskan atau digunakan lagi oleh objek kelas lainnya.
-generalization/specializationkonsep dimana atribut yg umum bagi beberapa tipe entitas dikelompokkan dalam entitasnya sendiri.
-supertypeentitas yg contohnya menyimpan atribut yang umum bagi subtipe kelas. Juga disebut kelas abstrak atau induk kelas.
-subtypesebuah kelas objek yg mewariskan atribut dan behavior dari sebuah kelas supertipe dan kemudian mengisikan atribut dan behavior lain yg unik kedalamnya.
-multiplicityjumlah kejadian maksimum dan minimum dari suatu objek/kelas untuk suatu kejadian tunggal dari objek/kelas tekait.
-polymorphismkonsep bahwa objek yg berbeda dapat merespon pesan yg sama dalam cara yg berbeda.

1. Sebutkan 6 keuntungan gambar use case!
Jawaban:
1.Sebagai dasar untuk membantu mengidentifikasi objek-objek dan hubungan tingkat tinggi dan tanggung jawab masing-masing.
2.Sebagai gambaran dari behavior sistem yang akan dibuat dari sisi pengguna eksternal.
3.Sebagai alat yang efektif untuk memvalidasi kebutuhan.
4.Sebagai alat komunikasi yang efektif
5.Sebagai dasar untuk melakukan perencanaan testing.
6.Sebagai dasar untuk melakukan pembuatan user manual
2. Beda use case abstrak dan extension?
Jawaban:
Kl use case abstrak=> mengurangi redundansi antara 2/lebih use case lain dgn menggabungkan langlah2 yg biasa ditemukan pd use case tsb
Kl use case extension=> terdiri dr langkah yg diekstraksi dari use case yg lebih kompleks untuk menyederhanakan masalah orisinal dan krn itu memperluas fungsinya

3. Apa yg dimaksud dgn actor dan use case?
Jawaban:
Actor=> sgl sesuatu yg perlu berinteraksi dgn sistem untuk pertukaran informasi
Use case=> urutan langkah2 yg secara tindakan saling terkait(scenario), baik terotomatisasi maupun secara manual, utk tujuan melengkapi 1 tgs bisnis tunggal

4. Beda use case system dan bisnis?
Jawaban:
Use case system : hanya actor internal saja yg digambar
Use case bisnis : actor internal dan eskternal digambar.

5. Agregasi terjadi karena apa?
Jawaban:
Agregasi terjadi krn 1 objek merupakan bagian dari objek lain dimana behaviour yg diaplikasikan ke semua secara otomatis diaplikasikan ke bagian2nya.

1. apa yang anda ketahui ttg konsep / definisi berikut ini? berikan cth & gambarkan masing2 istilah tersebut!
a. object : suatu entitas yang memiliki identitas , state (status) , dan behavior
Dapat Berupa Tempat , Orang, Transaksi, kejadian dsb.
Contoh objek : Ferarri , Jaguar, BMW.

b. class Class adalah Kumpulan dari objek-objek yang memiliki atribut dan behavior yang sama. Contoh Class (berdasarkan contoh objek diatas): Class Mobil
Mobil(nama class)
-kode mobil
-nama mobil
-jenis mobil
-warna
-tahun pembuatan
+membeli mobil
+membayar
+menservis









a. generalization / specialization relationship
konsep dimana atribut yg umum bagi beberapa tipe entitas dikelompokkan dalam entitasnya sendiri.

a. aggregation relationship
Aggregation – sebuah hubungan di mana satu kelas “whole” yang lebih besar berisi satu atau lebih kelas “part” yang lebih kecil. Atau, kelas “part” yang lebih kecil adalah bagian dari kelas “whole” yang lebih besar.







b. composition relationship
hubungan agregasi di mana “whole” bertanggung jawab atas pembuatan dan perusakan “bagian-bagian”. Jika “whole” rusak, maka “part” juga akan rusak


2. Sebutkan langkah2 dalam menemukan dan mengidentifikasi objek bisnis!
Jawab:
1. menemukan objek potensial
2. menyeleksi objek yg diusulkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar